Bagaimana Cara Memainkan Domino untuk Pemula?

Domino adalah gim klasik yang menggunakan ubin unik yang dikenal sebagai domino.

Setiap domino adalah ubin persegi panjang yang dipecah menjadi dua kotak dengan garis, dan setiap sisi memiliki sejumlah titik yang menunjukkan nilai. Domino, seperti Mahjong dan kartu remi, adalah basis dari mana permainan dapat dibangun. Berikut adalah cara memainkan domino untuk pemula.

Bagaimana Anda memainkan kartu domino?

Untuk memainkan kartu domino, yang Anda butuhkan hanyalah satu set kartu domino. Tergantung pada jenis permainannya, set tertentu mungkin lebih disukai, meskipun dalam sebagian besar atau tidak semua kasus, Anda dapat menyesuaikan aturan agar sesuai dengan set domino pilihan Anda. Kami akan membahas jenis game yang paling umum, game Blocking, dan instruksinya.

Berapa banyak domino dalam satu set?

Set domino yang paling umum adalah set double-enam, terdiri dari 28 domino , masing-masing memiliki kombinasi titik dari 0 hingga 6, sehingga totalnya menjadi 28 ubin. Varian lain termasuk set double-sembilan, double-dua belas, yang digunakan dalam permainan tertentu.

Berapa banyak domino yang Anda mulai?

Gim domino klasik adalah gim pemblokiran 2 pemain. Biasanya menggunakan set double-enam, semua ubin dikocok secara terbalik, dan setiap pemain menggambar sejumlah ubin, biasanya 7 ubin . Ubin yang tersisa membentuk boneyard, dan ditempatkan di depan setiap pemain dengan cara di mana pemain lain tidak dapat melihat wajah ubin.

Bagaimana Cara Memainkan Domino untuk Pemula?

Menentukan Turn Order

Pemain yang akan duluan dapat diputuskan menggunakan lemparan dadu, tetapi sebagian besar, dealer diputuskan melalui undian dari boneyard, dengan semakin banyak titik yang memenangkan undian.

Permainan dimulai dengan ubin ditempatkan di tengah meja. Setiap pemain kemudian bergiliran mencocokkan titik-titik di mana setiap pertandingan memiliki sisi jumlah titik yang sama. Jika seorang pemain tidak dapat membuat pertandingan, atau sesuai terminologi, “memperpanjang garis”, maka mereka diharuskan untuk menarik dari boneyard.

Permainan berlanjut sampai seorang pemain berhasil membersihkan tangannya. Pemenang kemudian mendapatkan poin yang setara dengan jumlah titik di tangan lawan mereka. Untuk jumlah pemain yang lebih tinggi, disarankan menggunakan set double-sembilan.

Pencocokan ubin mengikuti aturan sederhana. Selama salah satu ujung domino memiliki nilai yang cocok, Anda dapat membuat kecocokan. Contohnya ditunjukkan di bawah ini:

  • Pencocokan ubin dalam game Domino
  • Ini menunjukkan kecocokan dasar menggunakan sepasang 2s.
  • Karena domino termasuk ganda, seseorang juga dapat mencocokkan ganda dengan cara khusus:
  • Mencocokkan ganda

Pentingnya menggunakan metode ini adalah karena aspek ‘pemblokiran’. Ini membuatnya sehingga hanya satu ubin yang dapat digunakan untuk memperpanjang pertandingan, sebagai lawan lebih banyak, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

  • Pertandingan pemblokiran
  • Pertandingan ini diperbolehkan, dan harus dihindari untuk meningkatkan peluang menang.

Perhatikan bahwa selain dari permainan tertentu, seperti Chicken Foot Dominoes , ubin harus dimainkan secara vertikal atau horizontal. Pencocokan diagonal tidak diizinkan. Pertandingan ilegal ditunjukkan di bawah ini:

Pertandingan ilegal di Domino Klasik

Contoh “Kaki Ayam” seperti yang terlihat pada varian Domino. Ini biasanya tidak diizinkan kecuali dalam varian game tertentu. Pemain yang menang ditentukan setelah semua putaran selesai. Pemain dengan skor yang lebih tinggi menang. Bergantung pada tipe atau pengaturan gim, jumlah putaran sudah ditentukan sebelumnya, atau dimainkan hingga batas poin yang ditentukan tercapai. Batas titik umum adalah 150 dan 200.

Dalam kasus yang jarang terjadi di mana semua petak diambil dari boneyard, namun semua pemain tidak dapat memainkan domino, permainan berakhir sebagai imbang, dan setiap pemain menghitung dan melaporkan masing-masing titik mereka dihitung kepada lawan. Poin dihitung seolah kedua pemain kalah.